Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur

Teks eksplanasi

HerverestaurantPengertian teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan bagaimana terjadinya suatu fenomena seperti peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan lain-lain. Banyak fenomena yang bisa dijadikan sebagai teks eksplanasi seperti proses terjadinya hujan, proses terjadinya pelangi, proses terjadinya bencana atau peristiwa lainnya. Tujuan pembuatan teks eksplanasi yaitu untuk menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa dan fenomena yang terjadi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Bagaimana cara membedakan teks eksplanasi dengan teks deskripsi, teks negosiasi dan teks lainnya? Berikut ciri-ciri teks eksplanasi :

  • Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi.
  • Teks eksplanasi memiliki isi yang bersifat objektif.
  • Isi teks eksplanasi dibuat berdasarkan fakta. Teks eksplanasi dibuat agar para pembaca percaya dengan isi teks tersebut karena dibuat dengan memaparkan fakta yang ada.
  • Jenis teks yang memiliki sifat informatif.
  • Teks eksplanasi menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki 3 struktur yang menjadi bagian paling penting jika kamu ingin membuat teks eksplanasi. Berikut struktur teks eksplanasi :

  1. Pernyataan Umum, bagian ini berisi latar belakang, definisi, sejarah, klarifikasi, dan asal usul dari peristiwa yang akan dibuat. Di dalam pernyataan umum kamu bisa menemukan mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi.
  2. Urutan Sebab-Akibat, berisi tentang proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa biasanya dijelaskan dari awal hingga akhir. Di bagian ini juga disebukan dampak atau hal yang akan terjadi pada suatu peristiwa.
  3. Interpretasi, biasanya berisi tentang kesimpulan suatu fenomena atau kejadian yang sedang dibahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

1. Kata Kerja Aktif

Kata kerja aktif digunakan untuk memperjelas sebab, proses dan akibat. Subjek digambarkan sebagai tujuan dari peristiwa guna mempermudah pembaca untuk mengerti teks eksplanasi.

2. Kopula

Kopula membantu teks eksplanasi dalam mengungkapkan istilah atau definisi suatu kalimat. Contohnya Jakarta merupakan ibu kota Indonesia.

3. Istilah Ilmiah

Dalam teks eksplanasi pasti memiliki banyak istilah ilmiah ketika membahas suatu fenomena atau peristiwa. Istilah ilmiah digunakan untuk memperjelas kronologi, memperjelas definisi dan hubungan sebab akibat terjadinya suatu fenomena.

4. Konjungsi

Tentu penting menggunakan konjungsi dalam membuat teks eksplanasi. Contoh konjungsi yang biasa digunakan dalam menulis teks eksplanasi yaitu bila, jika, kemudian, pertama, sehingga dan sebelum.

5. Kata Ganti Benda

Agar penulisan teks eksplanasi tidak monoton, penggunaan kata ganti benda sangat diperlukan seperti kata ganti benda (non personal) itu, ini dan tersebut.

6. Keterangan Waktu

Keterangan waktu sangat penting digunakan dalam mengungkapkan kapan terjadinya peristiwa tersebut.

Cara Menulis Teks Eksplanasi

Menulis teks eksplanasi pada dasarnya memiliki 2 pola yaitu pola pengembangan proses dan pola pengembangan sebab-akibat. Langkah menulis teks eksplanasi :

1. Mencari dan menentukan topik

Langkah awal untuk menulis teks eksplanasi yaitu menentukan konteks. Pilihlah peristiw yang menurut kamu menarik untuk dibahas.

2. Membuat teks berdasarkan struktur teks eksplanasi

Kamu tentu sudah mengetahui struktur dari teks eksplanasi. Di tahap ini kamu hanya perlu menentukan yang mana pernyataan umum, sebab akibat dan interpretasi.

3. Mengumpulkan referensi

Dari teks yang ingin kamu buat, tentunya kamu harus mencari beberapa fakta dan data terhadap topik yang akan kamu bahas.

4. Mengembangkan Teks

Pengembangan teks sangat perlu dilakukan selain agar isi teks eksplanasi menjadi komplit, teks yang dibuat pun dihasilkan dari diri kamu sendiri.

5. Penyuntingan Teks

Jika semua langkah sudah kamu lakukan, tahap terakhir tidak kalah pentingnya dari tahap yang sudah dilakukan yaitu penyuntingan teks. Kamu perlu mengoreksi kembali hasil teks eksplanasi yang telah kamu buat dan melakukan penyutingan jika terjadinya kesalahan dalam suatu kalimat.

Demikian pengertian, ciri dan struktur teks eksplanasi. Teks eksplanasi tentunya berbeda dengan teks lainnya maka dari itu kamu harus memahami fungsi dari masing-masing teks.

Sumber: Poker Online